Connect with us

Ambon

DBD Mengancam, Torry Minta Masyarakat Ambon Waspada

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Thresjee Torry, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (6/1/2016) minta masyarakat Ambon mewaspadai penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD).
Dengan cara gerakan tiga M Plus, kata Torry, msayarakat dapat melakukan langkah menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas serta menaburkan bubuk “larvarsida” atau (abate) di tempat penampungan air.
Menurut dia, selama Desember 2015, sudah lima orang yang terdiri anak-anak dan orang dewasa terserang DBD.  “Kelima pasien DBD itu saat ini sedang mendapatkan perawatan di RSU,”Kata Torry.
Kasus DBD, lanjut Torry, bukan hanya tanggung jawab petugas kesehatan, namun juga masyarakat. Untuk itu masyarakat harus sadar untuk hidup bersih. “Buanglah sampah pada tempatnya. Jaga kebersihan lingkungan, bersihkan tempat penampungan dan saluran air, agar tidak tersumbat. “Ini yang membuat air tergenang dan beresiko menjadi sarang nyamuk ‘aedes aegypti’, nyamuk  yang menjadi penyebab utama penyakit DBD,” ungkap Sutrisno.
Untuk mencegah penyebaran nyamuk “aedes aegypti”, kata Torry, pihaknya telah melakukan pengasapan (fogging). “Kita telah melakukan vogging pada lokasi-lokasi penemuan kasus DBD, agar nyamuk mati dan tidak berkembang dan tidak menimbulkan virus,’’ tandasnya, (EM-Adr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon