Connect with us

SBB

Colling System Sambut HUT Polairud Ke-73; Polres SBB Santuni Warga Dusun

Polres SBB Santuni Warga Dusun Talaga Piru Dengan Berikan Bantuan Sosial | Foto EkspresiMaluku

PIRU-EKSPRESIMALUKU.com_ Colling System dalam menyambut HUT Polairud yang ke-73 Tahun, Polres Seram Bagian Barat (SBB), sambangi warga Dusun Talaga Piru, dan berikan bantuan sembako kepada warga.

Dalam Pres Rilies dijelaskan, pembagian sembako melalui HUT Polairud tersebut, bertempat di Balai Dusun Talaga Piru, Desa Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten SBB, berlansung pada Pukul 10.10.WIT. Jumat, 01/12/2023

Adapun rangkaian kegiatan yang terdiri dari Pembukaan, kemudian Doa yang dibacakan Ustad La Saari, serta sambutan sambutan diantaranya

Otis Manupassa, Kepala Desa Piru mengatakan, sebagai umat yang percaya marilah kita memanjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha kuasa, yang mana karena beliau kita dapat berkumpul disini untuk melaksanakan ulang tahu Korps Polair ke-73 Tahun.

Desa piru terdiri dari 18 Dusun dengan negeri-negeri lain yang salah satunya Dusun talaga yang mata pencahariannya sebagian besar terdiri dari nelayan, karena itu selaku kepala pemerintahan.
” Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada polres SBB yang mana telah memberikan santunan kepada warga Dusun Talaga, dan santunan tersebut secara simbolik diberikan lansung oleh Kapolres SBB kepada warga saya diantaranya, La Diki, La Saari, dan Arif,”Ungkap Manupassa.

Kapolres SBB AKBP Dennie A. Dharmawan, S.I.K. mewakili
Kakorpolairud Baharkam Polri, menyampaikan, Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa atas limpahan rahmat dan hidayah- nya, sehingga pada hari ini kita bersama- sama hadir mengikuti acara syukuran ulang tahun ke-73 Kepolisian perairan dan udara yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2023.

Saat ini Kepolisian Perairan dan Udara sudah menginjak usia ke-73 tahun dalam kiprahnya di tanah air, dengan almatsus yang dimiliki kapal sebanyak 720 unit dari berbagai type kelas dan 847 unit non kelas serta pesawat udara sebanyak 11 unit dan 55 unit helikopter, dengan kekuatan personil berjumlah 11.741 orang dijajaran Korp Polairud baharkam dan Polairud Polda di seluruh Indonesia.

Beberapa keberhasilan telah diraih oleh Kepolisian Perairan dan Udara baik dalam bidang premetif, preventif dan dalam bidang penegakan hukum jajaran Polairud Mabes dan wilayah pada tahun 2023 telah melaksanakan pengungkapan kasus tindak pidana di laut sebanyak 657 kasus.

Dengan beberapa kasus menonjol antara lain, pengungkapan 6 kasus TPPO (3 kasus di wilayah kepri, 3 kasus di wilayah riau), pengungkapan tindak pidana_perikanan + 350.000 ekor baby lobster di wilayah Curug, Tangerang, Polda Metro Jaya, Penangkapan 6 unit kapal ikan asing di wilayah perairan Kepri Natuna, dan pengungkapan kasus handak/bom ikan di wilayah Jawa Timur dengan total BB handak sebanyak 43 karung pootasium Chlorate Kcl 03 seberat 25 kg (total 1.075 kg), dengan nilai total potensi kerusakan lingkungan yang diselamatkan ± 217,5 ha, serta kerugian negara yang dapat diselamatkan ± 297,69 miliar rupiah. Serta melaksanakan kegiatan kerja sama operasional lainnya, capaian keberhasilan tersebut tidak menjadikan kita berpuas diri, tapi menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan kinerja.”Katanya

Peran serta para anggota Korp Polairud baharkam POLRI dalam mengemban berbagai tugas harkamtibmas merupakan wujud representasi kehadiran negara ditengah- tengah masyarakat dan harus menjadi sinergitas sehingga masyarakat dapat merasakan Korpolairud; Hal ini diwujudkan dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada Tuhan yang maha esa pada HUT ke-73 Polairud ini telah melaksanakan rangkaian kegiatan acara bakti sosial diantaranya:

  1. Pada tanggal 14 November 2023 melaksanakan kegiatan anjangsana kepada purnawirawan sebanyak 281 orang, warakawuri sebanyak 116 orang dan personil polairud sakit menahun sebanyak 30 orang serta keluarga personil yang gugur dalam tugas sebanyak 5 orang kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud penghargaan dan perhatian Polri.
  2. Pada tanggal 22 November 2023 melaksanakan kegiatan bakti kesehatan donor darah dengan hasil sebanyak 5.882 kantong darah terkumpul dari ditpolairudda seluruh Indonesia dan 474 kantong korpolairud.
  3. pada tanggal 23 november 2023 kegiatan ziarah tabur bunga dilaksanakan oleh ditpolairudda seluruh indonesia sedangkan korpolairud dilaksanakan pada tanggal 28 november 2023, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud mengingat akan perjuangan para jasa-jasa dan bhayangkara korpolairud yang telah mendahuluu kita.
  4. Pada tanggal melaksanakan 24 november 2023 kegiatan olahraga bersama jalan santai untuk jajaran korpolairud di mako ditpoludara dan ditpolairudda melaksanakan di mako masing-masing secara internal.
  5. Pada tanggal 25 november 2023 melaksanakan kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai di 82 pantai dan 8 sungai seluruh indonesia melaksanakan penanaman serta mangrove dengan jumlah 73.000 pohon mangrove di seluruh indonesia.

Kapolres SBB juga mengatakan,
di momen ulang tahun polairud ke- 73 kali ini polres SBB hendak membagi kebahagiaan dengan masyarakat pesisir Dusun Talaga,
semoga ini bisa menjadi perekat diantara kita semua, dan sekarang kita memasuki masa kampanye, saya mengajak kita semua secara bersama menjaga situasi kamtibmas sampai selesainya pesta demokrasi ini, dan mari kita bangun komunikasi dan persaudaraan. Tambah Dharmawan

Kemudian Pemotongan Kue Ulang Tahun Sat Polairud Polres SBB oleh Kapolres SBB AKBP DENNIE A. DHARMAWAN, S.I.K. Yang diberikan kepada : BRIPTU SOLAGRATIA Y. RUHULESSIN, dan LA TUJU.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kapolres SBB AKBP DENNIE A. DHARMAWAN, S.I.K. Pejabat Utama Polres SBB , Personil Polres SBB 25 kurang lebih orang, Kepala Desa Piru OTIS MANUPASSA, Kepala Dusun Talaga LA MINO dan Masyarakat Dusun Talaga Kurang Lebih 80 orang, dan ditutup dengan Foto bersama.

Kegiatan selesai pukul 10.45 WIT, situasi aman terkendali.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB