Connect with us

SBB

Bupati SBB : Pesparawi di Bumi Saka Mese Nusa, Perwujudan Hidup Pela Gandong

Laporan : Sarmin N. Ali

PIRU-EKSPRESIMALUKU.com-Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke 10 Provinsi Maluku yang melibatkan 2200 peserta dari 11 Kabupaten/Kota se-Maluku  di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dibuka Gubernur Maluku, Ir.Said Assagaff berlangsung dengan meriah, Minggu (19/11/17).

Bupati Kabupaten SBB Yasin Payapo mengatakan bahwa gagasan Gubernur Maluku yang ingin jadikan Maluku sebagai laboratorium antar umat beragama terbaik di Indonesia benar.

“Tercermin pada pelaksanaan Pesparawi ke X Provinsi Maluku tahun 2017 yang berlansung di bumi Saka Mese Nusa Kabupaten  SBB ini, karena seluruh masyarakat Seram Bagian Barat menyambut Pesparawi ini dengan penuh suka cita”.

Kita ketahui bersama bahwa pesparawi merupakan event basudara Kristiani, sama halnya dengan MTQ namun untuk memperkokoh tali persaudaraan pela gandong, maka kita berkomitmen untuk seluruh lapisan masyarakat  berpartisipasi dalam event  ini.

Hal ini terlihat pada solidaritas basudara yang beragama Islam juga  Hindu yang turut terlibat sebagai panitia perhelatan Pesparawi ke X tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Seram Bagian Barat yang berjulukan Saka mese nusa .

Tambah Bupati, Beta mau bilang apalah artinya kalau katong bicara satu nusa satu bangsa satu gandong kalau katong saling bermusuhan, saling membunuh,saling melukai,saling menyakiti satu sama lain. Maka momentum pesparawi ini kita kokohkan pertalian sejati hidup orang basudara di tanah perjanjian nunusaku ini, seperti janji moyang-moyang katong dolo.

” Nunu Pari Hatu, Hatu Pari Nunu yaitu bersatulah seperti beringin yang melingkari batu karang dan batu karang yang melingkari pohon beringin”.

“Olehnya itu, pada konteks kali ini kami sangat menekankan pentingnya kontekstualisasi agama dengan kebudayaan dan spirit nasionalisme kita, jangan memandang apapun agama kita , suku kita, warna kulit dan bahasa kita, namun kesemuanya itu katong adalah orang basudara seperti yang kandung dalam nilai-nilai siwalima pela gandong,” Ungkap Bupati Yasin Payapo.

Pembukaan Pesparawi juga dimeriahkan sejumlah artis,  diantaranya Gebi dan Wilson Idol yang juga ikut melantunkan nyanyian puji-pujian terhadapa Tuhan sebagai bentuk persembahan syukur.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB