Connect with us

SBB

Bupati SBB Buka Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten

Pj Bupati SBB Andi Chandra As'aduddin Bukan Pleno Terbuka Pemungutan Suara Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten | Foto EkspresiMaluku

PIRU-EKSPRESIMALUKU.com_ Penjabat Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Andi Chandra As’adudin resmi membuka Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara perolehan suara dalam pemilihan umum 14 Februari tahun 2024.

Pembukaan Pleno Terbuka berpusat di Gedung Hatutelu Desa Piru, Kecamatan Seram Barat. Sabtu, 24/02/2024

Penjabat Bupati menyampaikan apresiasi serta dukungan memperkuat semangat untuk menjalankan proses demokrasi dengan penuh integritas.

“Integritas dan transparansi dianggap sebagai kunci utama dalam menjaga kehormatan setiap suara yang telah dipercayakan,” ungkap As’adudin.

Sebumnya, ketua KPU SBB, Syarif Hehanuss dalam sambutanya menyoroti berbagai aspek terkait dengan proses rekapitulasi.

Syarif secara institusi menyampaikan penolakan rekomendasi PSU (Penghitungan Suara Ulang) sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Terdapat juga temuan-temuan yang tidak sesuai dengan aturan, yang tentunya menjadi fokus untuk diselesaikan secara adil,” ungkap dia.

Syarif mengingatkan pentingnya peran para saksi dari masing-masing partai politik dalam menyampaikan bukti-bukti. Hal ini menjadi langkah krusial dalam memastikan integritas proses rekapitulasi.

Pantaun media ini, usai menggelar pembukaan, proses sidang dimulai dan langsung diskrosing sampai kotak suara dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) diserahkan ke KPU.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Pejabat Bupati Andi Chandra As’aduddin, Kapolres Seram Bagian Barat AKBP DENNIE ANDREAS DHARMAWAN, S. I. K., Dandim 1513/SBB. LETKOL Inf. RUDOLF GLEEND PAULUS, jajaran Pimpinan Bawaslu SBB, para pimpinan Partai Politik serta para saksi masing-masing partai.

Pengalaman Ketat Polres SBB.

Pengamanan Ketat Saat pembukaan rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu Kabupaten Seram Bagian Barat.

Terpantau Pleton 1 dari Polres Seram Bagian Barat, dibawah Ipda Sigit A. Warih, S.H., dengan sigap mengawal acara tersebut.

12 anggota serta tim Reskrim yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Akp I Kadek Dwi Pramartha Putra, S.T.K., S.I.K., M.H., serta Kanit Tipikor Reza Ardiansyah, S.Tr.K, para petugas menunjukkan kewaspadaan tinggi mengawal jalannya pembukaan Pleno KPU.

Namun, meskipun telah resmi dibuka, kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten masih menunggu pengiriman kotak suara dari PPK Kecamatan.

Proses tersebut di-skorsing hingga pemberitahuan resmi diterima, menunggu hasil rekapitulasi dari tingkat kecamatan.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB