Connect with us

Malteng

Bupati Malteng Buka Bimtek Kapasitas Saniri Negeri

Laporan : Fatahila Sia

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) terus berupaya dan gencar tingkatkan kapasitas dan kemampuan Saniri Negeri atau Badan Pemusyawaratan Negeri (BPN).

Upaya peningkatan kapasitas terhadap Saniri Negeri ditunjukan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah, Senin (2/10/2017).

Bupati Maluku Tengah, H. Tuasikal Abua saat membuka kegiatan bimtek mengungkapkan, banyak saniri di sebagian besar negeri-negeri dan desa yang di ada di Kabupaten Maluku Tengah hingga saat ini tidak mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sehingga perlu ada kegiatan dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan untuk memperkuat peranan saniri negeri.

“ Perlu saya tegaskan, masih banyak saniri negeri atau BPN tidak mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya bahkan dalam hubungan kerjanya dengan kepala pemerintahan nageri maupun dengan lembaga kemasyarakatan lainnya kurang harmonis atau cenderung menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat,” Tandas Tuasikal.

Tuasikal berharap, para Saniri yang mengikuti Bimtek dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota saniri/BPN dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya memperkuat kelembagaan saniri negeri, memperkuat kelembagaan saniri/BPN dalam pelaksanaan fungsi pengawasan terhadap kinerja dan tugas pemerintahan negeri dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Bimtek tersebut diikuti puluhan saniri negeri yang berasal dari Kecamatan Amahai, Leihitu, Salahutu, Saparua, Seram Utara dan Kecamatan Pulau Haruku.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Malteng