Connect with us

Kec. Leihitu

Buka Musrenbang RKPD, Tuasikal Harap Pemerintah Kecamatan Samakan Persepsi Dalam Membangun Daerah

Foto:Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

LEIHITU,EKSPRESIMALUKU.com- Bertempat di Kantor Kecamatan Leihitu, Negeri Hila, Kabupaten Maluku Tengah, Bupati Tuasikal Abua membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2022 serta pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Pemberdayaan Masyarakat dan Upaya Penanganan Stunting Di Wilayah Maluku Tengah, Kamis, 11/02/2021.

Bupati Tuasikal dalam sambutannya mengatakan, musrenbang RKPD di Tingkat Kecamatan saat ini, adalah forum musyawarah lanjutan antara Pemerintah Kecamatan dan Negeri bahkan stakeholders dan pemangku kepentingan terkait untuk menyamakan persepsi bersama dalam hal perencanaan pembangunan yang akan dituangkan dalam berbagai program prioritas Pembangunan Daerah dan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah

“ Saya memberikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini karena sangat penting dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif, transparan dan akuntabel, “ ujar Tuasikal.

Dijelaskan, perencanaan pembangunan daerah adalah satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional dengan tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi.

“ Saya berharap agar forum ini senantiasa menjadi landasan penting dan strategis bagi terbentuknya persamaan presepsi. Sehingga dirumuskan perencanaan pembangunan yang baik dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, transparan dan akuntabel, “ pungkasnya.

Selain itu, Kata Tuasikal, Rapat Koordinasi Teknis Pemberdayaan Masyarakat dan Upaya Penanganan Stunting yang dilakukan dapat dipahami, direspon dan diterjemahkan secara serius sebagai upaya untuk membangun dan memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan program-program pemberdayaan masyarakat dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Maluku Tengah.

“ Saya meyakini kita semua yang mengikuti kegiatan ini, memiliki pemikiran, semangat dan komitmen yang sama untuk memberikan yang terbaik bagi  peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan pemberdayaan masyarakat di daerah ini, “ harap Tuasikal.

Melalui kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan bahwa masih maraknya penyebaran Covid-19 hingga saat ini. Dengannya dibutuhkan kerjasam seluruh elemen masyarakat dalam membantu pemerintah memutus mata rantai Covid-19, khususnya di Kabupaten Maluku Tengah.

“ Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Tengah, khususnya masyarakat di Kecamatan Leihitu, agar senantiasa terus menjaga kedisiplinan dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menjaga imunitas dan kesehatan tubuh kita masing-masing, “ ingatnya.

Turut hadir dalam Musrenbang RKPD tersebut, Sekda Maluku Tengah, Ketua TP-PKK, para Pimpinan OPD lingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah, Forkopimcam, Kepala Sekolah serta ASN se-Kecamatan Leihitu.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Leihitu