Connect with us

Ambon

BPBD Upayakan Penanganan Bencana 2016 ke Jakarta

Laporan : Ekspresi
AMBON,EKSPRESIMALUKU.com- Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon Enrico Matitaputty mengatakan pihaknya sementara mengusulkan anggaran untuk penanganan bencana alam tahun 2016 di Kota Ambon ke Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) di Jakarta. Demikian antara lain keterangan Enrico kepada wartawan di Ambon, Selasa (18/04/2017).

“Untuk penanganan bencana alam berupa longsor sementara diupayakan penanganannya dan kita sudah mengusulkan anggarannya ke BNPB di Jakarta,”ujarnya. Menurutnya, penanganan bencana alam di Kota Ambon sudah dilimpahkan sebagian kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sementara sisanya ditangani oleh BPBD.

Koordinasi, kata Enrico terus dilakukan dengan pemerintah sehingga semua masalah bisa tertangani dengan baik. Enrico menjelaskan, pemerintah kota sementara menanti giliran pencairan anggaran penyelesaiannya.

“Kita sementara menanti pencairannya karena sistemnya menunggu giliran namun upaya dan koordinasi terrus dilakukan sehingga pencairan anggaran bisa dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,”tandasnya.

Untuk diketahui, akibat hujan deras yang mengguyur Kota Ambon pada akhir Juli 2016 lalu, menyebabkan dua rumah warga di Kawasan Galunggung dan kawasan Batumerah Dalam Kecamatan Sirimau ikut tertimpa longsor.

Berdasarkan fakta di lapangan, kondisi kedua rumah ini mengalami kerusakan parah setelah tertimpa talud penahan longsor dan juga pagar warga. Akibatnya sebagian dinding rumah langsung ambruk, tak hanya itu material lonsoran juga masuk ke rumah warga. Selain longsor di dua kawasan itu, ada sejumlah titik bencana di Kota Ambon yang harus ditangani secara intens oleh pemerintah. (EM-ADN)

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon