Connect with us

Ambon

BI Maluku Tingkatkan Frekuensi Layanan Kas Keliling

Google image

Laporan : Ekspresi

AMBON,EKSPRESIMALUKU.com-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku akan menambah frekuensi layanan kas keliling untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat menghadapi perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Kami akan menambah kegiatan kas keliling di Kota Ambon pada titik-titik tertentu dari tiga kali menjadi empat kali dalam seminggu, seperti misalnya di depan pertokoan Matahari Ambon Plaza,” Kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Bambang Pramasudi di Ambon, Sabtu (17/6/2017).

Selain program kerja sama dengan 15 bank umum yang ada di Maluku, lanjutnya, BI juga menambah frekuensi pelayanan kas keliling.

Bambang mengatakan penambahan frekuensi layanan kas keliling itu termasuk dengan yang nantinya akan dibuka di lapangan sepak bola atau lapangan upacara milik Kepolisian Daerah Maluku yang terdapat di Tantui, kawasan Kelurahan Pandan Kasturi, Kecamatan Sirimau, pada tanggal 20-21 Juni 2017 dalam rangka ikut memeriahkan HUT Polri.

“Jadi sudah pasti ada kas keliling yang disiapkan di sana untuk mengantisipasi permintaan masyarakat khususnya penukaran uang,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, secara nasional nanti BI dibantu oleh empat bank milik negara yakni Bank Mandiri, BRI BNI dan BTN secara nasional juga akan membantu mendistribusikan uang baru emisi tahun 2016 dalam Program Rupiah untuk Negeri yang sudah berlangsung sejak Jumat (16/6).

Sedangkan untuk Maluku, Bambang mengatakan BI Maluku hanya bekerja sama dengan tiga bank saja, sebab BTN itu titiknya tidak terlalu banyak di seluruh Indonesia, jadi hanya tiga bank saja yang akan melayani program tersebut di daerah itu.

“Karena itu, untuk Bank Mandiri kami tempatkan di Maluku City Mal (MCM) dan pasar Mardika, sedangkan BRI dan BNI ditempatkan di luar Ambon di antaranya di Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kota Tual,” ujarnya.

Program Rupiah untuk Negeri, lanjutnya, prosesnya sama saja dengan kegiatan kas keliling sebab berlangsung di luar kantor.

Dia menjelaskan bank-bank itu membawa modal kerja ke pasar atau ke mal untuk melakukan penukaran, dan modal kerjanya dari BI, semuanya mempergunakan uang rupiah baru emisi 2016.

Sementara itu warga ¬†juga bersyukur dengan program yang dilaksanakan karena langsung menyentuh masyarakat. ” Kami bersyukur karna mempermudah, jelang lebaran kami tidak harus ke bank lagi untuk menukarkan uang, karna di kawasan kami ini juga bisa tukarkan uang di kas keliling salah satu bank di Maluku,”Ujar Moksen, Warga BTN Kanawa Kebun Cengkih yang ditemui saat mendapat pengumuman bisa menukarkan uang di lingkungannya Sabtu (17/6/2017)

(Sumber: skalanews)/*

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon