Connect with us

Malteng

Assagaff Resmi Monumen Pahlawan Chistina Martha Tiahahu

Foto: Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

NUSALAUT,EKSPRESIMALUKU.com – Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff meresmikan Monumen Peejuangan Christina Martha Tiahahu yang berlangsung di Negeri Abubu, Kecamatan Nusa Laut, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, 02/01/2018.

Peresmian itu, bersamaan dengan di peringatinya 2 abad perjuangan Chistina Martha Tiahahu melawan penjajah Belanda dan kemudian gugur di usia yang masih belia.

Acara itu dilaksanakan dalam bentuk upacara yang diawali dengan penyerahan dan pembakaran obor perjuangan Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu dari Bupati Maluku Tengah kepada Gubernur Maluku selaku Inspektur Upacara.

Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff dalam amanatnya mengatakan, perayaan 200 tahun perjuangan Christina Martha Tiahahu kali ini berbeda lantaran telah dibangunnya Patung Christina Martha Tiahahu yang akan menjadi warisan pengingat bagi anak cucu dan siapapun tentang perempuan pemberani dari Negeri Abubu.

” Ini menjadi warisan bagi anak cucu di Negeri Abubu dan siapapun untuk tetap mengenang gadis pemberani seperi Chistina Martha Tiahahu yang mengangkat senjata bersama pejuang Maluku lainnya menentang kaum penjajah ” Tandas Assagaff.

Sambung Assagagf, kemerdekaan yang telah dirasakan saat ini adalah hasil dari perjuangan serta pengorbanan para Pahlawan pendahulu salah satunya, pejuang belia Christina Martha Tiahahu yang berasal dari Negeri Abubu, Nusalaut.

” Sudah sepatutnya hal ini menjadi teladan bagi kita khususnya bagi kaum perempuan untuk berani bersuara lantang dan berkarya dalam setiap pembangunan serta kemajuan bangsa ” Ucapnya.

Gubernur berpesan kepada masyarakat Nusalaut untuk selalu merawat dan melestarikan tugu Christina Martha Tiahahu yang merupakan warisan dan motivasi bagi anak cucu di Pulau Nusa Laut dan di Indonesia umumnya.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Malteng