Connect with us

SBT

Arisan Kebajikan: Komunitas Klinik Apung Sukses Adakan Sunatan Massal Gratis di Desa Kwaos

Peserta Sunatan Massal Gratis Komunitas Klinik Apung dari Desa Kwaos, Desa Birit, dan Desa Airnanang, Kab. SBT, Maluku.

Komunitas Klinik Apung (KKA) mengadakan Sunatan Massal gratis di sejumlah desa di Kecamatan Siritaun Wida Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 24-25 September 2020, mendapat perhatian dan antusiasme masyarakat yang begitu besar.

Pada 24 September, Sunatan Massal dilaksanakan di Negeri Adat Desa Kwaos yang juga diikuti 21 peserta dari dua desa lainnya yaitu Desa Birit dan Desa Airnanang berjalan sangat lancar dan disambut baik oleh seluruh orangtua anak yang mengikuti sunatan massal. Kegiatan sunatan massal yang berlangsung di gedung Balai Desa itu juga didukung penuh oleh para tetua adat Desa Kwaos dan Pejabat Desa, terutama dalam menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan dimaksud.

Tetua Adat dan Kaur Desa Kwaos Menghadiri Kegiatan Sunatan Massal

Jelang kegiatan sausana, tanpa diduga oleh tim Komunitas Klinik Apung, ternyata para tetua adat dan pengurus masjid beserta imam besar Desa Kwaos memenuhi kursi yang disediakan sebagai bentuk dukungan moril atas pelaksanaan program, bahkan acara akhirnya dimulai dengan serangkaian seremonial sambutan dari Tim Komunitas Klinik Apung, Pejabat Desa yang diwakili Kepala Urusan Desa juga memberi sambutan tentang dukungan dan terimakasih mereka atas pelaksanaan program sunatan massal tersebut.

Selain itu, setiap orang tua anak yang hendak sunatan pun masing-masing membawa semangkuk air berisi dedaunan hijau yang disebut “fakarifi”, dimana air dan daun itu akan diusapkan kepada setiap anak yang mau sunatan sebagai bentuk doa dan perlindungan terhadap si anak yang hendak disunat.

Para peserta sunatan massal gratis yang diantar oleh orangtua

Hingga akhir acara, kegiatan yang disponsori oleh Kitabisa, Narasi, Komunitas Mata Kita, dan Tim Konser Musik #dirumahaja ini disambut baik oleh pemerintahan desa dan masyarakat, juga diharapkan dapat berlanjut pada kesempatan yang lain.

Ucap Kepala Kaur dalam sambutannya, “Pemerintah Negeri Adat Desa Kwaos mendukung penuh kegiatan sosial dan amal seperti ini agar terus dilaksanakan di negeri kami. Pemerintah Desa juga yakin kegiatan seperti akan meringankan beban keluarga baik dari sisi keuangan maupun tenaga dan akses.”

Dalam kesempatan itu, Kepala Kaur juga menyampaikan terimakasih kepada pihak sponsor dan komunitas mitra yang terlibat dalam kegiatan tersebut. “Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Mbak Najwa (Narasi), Kitabisa, Komunitas Mata Kita, dan Tim Konser Musik #dirumahaja karena telah mensponsori adik-adik kami dari Komunitas Klinik Apung untuk mengadakan kegiatan amal yang bermanfaat ini.”

Sambutan Kaur Negeri Kwaos

Lanjutnya, “Juga, kepada tim dari komunitas Greenmoluccas dan Ekobeta yang sudah 16 jam perjalanan yang bikin lelah dari kota Ambon demi masyarakat desa Kwaos. Sekali lagi, terimakasih banyak.”

Dengan diadakannya kegiatan Sunatan Massal yang merupakan bagian dari amanah Program Arisan Kebajikan, ketua pelaksana kegiatan Tim Komunitas Klinik Apung, Usman Bugis berharap masyarakat dapat menerima dan merasakan manfaat dari adanya komunitas Klinik Apung di desa-desa mitra. “Klinik Apung hanya ingin masyarakat mendapatkan manfaat dari kehadiran kami, terutama dalam bidang kesehatan,” pungkas Usman dalam sambutannya.

Kegiatan yang dilangsungkan sejak jam 08.00 pagi itu, berjalan lancar dan aman hingga selesai pada pukul  14.00 WIT. Tim Komunitas Klinik Apung pun akhirnya melepas lelah usai bertugas dengan menikmati sajian kelapa muda yang disuguhkan masyarakat Desa di di tepi pantai Desa Kwaos.

Tim Arisan Kebajikan Komunitas Klinik Apung

#komunitasklinikapung #arisankebajikan #narasi #kitabisa #komunitasmatakita #timkonsermusik #dirumahaja #greenmoluccas #ekobeta #tamanbacaketa #kabsbt #maluku #ekspresimaluku

Ekpresi Maluku

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gempa terkini di Indonesia

More in SBT