Connect with us

SBT

Arisan Kebajikan: Komunitas Klinik Apung Buat Kebun Obat Tradisional di SBT

Sebagai negara tropis, tanah Indonesia dipenuhi oleh beragam kekayaan alam, termasuk berbagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami. Tanaman obat telah dibudidayakan di banyak rumah tangga keluarga Indonesia sejak dulu.

Bukan hanya dari daun, berbagai bagian dari tanaman obat juga bisa digunakan dan diolah, termasuk akar, daun, umbi, batang, atau bunga. Meski tidak dapat menggantikan obat-obatan medis yang telah teruji klinis, manfaat tanaman obat sayang bila dilewatkan.

Oleh sebab itulah, Komuitas Klinik Apung berinisiatif untuk melakukan pembudidayaan tanaman obat tradisional di Kecematan Siritaun Wida Timur, Kab. SBT, Maluku. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab sebagian besar wilayah SBT cukup jauh dari jangkauan penyaluran obat-obat dari rumah sakit, juga fasilitas kesehatan yang masih minim, maka obat tradisional sangat bisa diandalkan dalam situasi ini.

Untuk mewujudkan hal ini, KKA pun membuat dua kebun percontohan di Desa Kwaos dan Desa Suru guna sebagai langkah awal akan perwujudan kebun obat organik. Secara khusus, apabila tanaman-tanaman obat ini tumbuh dan sudah dapat dikonsumsi, maka ini akan diberikan secara cuma-cuma kepada warga yang membutuhkan.

Menurut pegiat lingkungan Yadi Kilbaren dari komunitas Ekobeta, “Sosialisasi obat tradisional dan pembuatan kebun organik di kampung sangat besar nilai gunanya. Selain itu, warga juga dapat membiasakan diri menggunakan obat tradisional sebagaimana yang dilakukan oleh para tetua-tetua kampung terdahulu,” ungkapnya ketika memberi penjelasan mengenai program ini di hadapan masyarakat Kwaos.

Kegiatan yang diadakan pada bulan September dan Oktober ini dismabut baik oleh masyarakat dan berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Ekpresi Maluku

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBT