Connect with us

SBB

Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten SBB Gelar Sosialisasi Perdana

Laporan : Ekspresi

SBB,EKSPRESIMALUKU.com – Satuan Tugas  Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melaksanakan kegiatan sosialisasi perdana Saber Pungli  kepada  para  Kepala  Sekolah Se-Kabupaten SBB, Pengawas Sekolah, serta Kepala UPTD  di Gedung Putih, Jalan Trans, Seram Kota Piru, Kamis (2/3/2017) Sore.

Wakil Ketua Pelaksana I Satgas Saber Pungli, A.P. Titawanno yang memberikan pengantar pada sosialisasi   menjelaskan  tentang Pemberantasan pungutan liar (pungli)   sangat serius diupayakan . “Pembentukan Satuan Tugas Saber Pungli Kabupaten SBB  dibentuk 30  Desember 2016 dalam rangka pencegahan terjadinya pungli,”Ujar A.P. Titawanno yang juga Inspektur  pada Inspektorat Kabupaten SBB .

Selain membeberkan tugas, fungsi, dan wewenang Satgas Saber Pungli SBB juga mengingatkan akan pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor   25 Tahun 2009 .

Sektor pelayanan yang dipantau, mulai dari pembuatan KTP, SKCK, STNK, SIM, BPKB, izin bongkar muat barang di pelabuhan dan sejumlah izin  lainnya.

Pungutan liar adalah pungutan tidak resmi. Pungli ini sudah bertahun-tahun dan kita menganggap itu adalah sebuah hal yang normal.  Harapan kami agar daerah kita ini benar-benar bersih dari pungli.

” Jadi jangan ada gerakan-gerakan tambahan,”Ujar Kepala Pokja Unit Pencegahan, Iptu Laode Hanibal .

Dihadapan para stekholder pendidikan di Kabupaten berjulukan Saka Mese Nusa, Ricard S. Soselisa Wakil II Pokja Unit Intelejen yang juga Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Kabupaten SBB juga mengingatkan  para Kepala Sekolah agar benar-benar menerapkan penggunaan Dana BOS sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku .

“Jangan sampai ada yang melakukan pungutan liar  seolah diwajibkan oleh sekolah,”Kata Richard mengingatkan.

Sementara itu  Kepala Pokja Unit Penindakan yang juga Kasat Reskim Polres SBB  mengimbau agar peserta sosialisasi jangan mendekati  atau terlibat pungli. “Pungli itu dapat dikatakan sebagai korupsi,”Tegasnya.

Sosialisasi yang dihadiri 125 stakeholder pendidikan  ini  menghadirkan empat orang  nara sumber  dari Satuan Tugas (satgas) Saber Pungli  Kabupaten berjulukan Saka Mese Nusa.

Empat narasumber  yang hadir dalam sosialisasi Saber Pungli adalah Wakil Ketua Pelaksana I – Inspektur pada Inspektorat Kabupaten SBB, Kepala Pokja Unit Pencegahan – Kepala Satuan Binmas Polres SBB, Kepala Pokja Unit Penindakan- Kepala Satuan Reskrim Polres SBB, dan Wakil II Pokja Unit Intelejen – Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Kabupaten SBB.

 

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in SBB