Connect with us

Ambon

15 Desa di Kota Ambon Cairkan ADD Tahap II

 AMBON, EKSPRESIMALUKU.com-Kepala Sub Direktorat Perencanaan Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan (BPK) Kota Ambon Apries Gaspersz di Balai Kota Ambon, Senin (14/11/2016) mengatakan 15 Desa/Negeri telah cair/menerima menyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Badan Pengelola Keuangan Kota Ambon.

Menurut dia, penyaluran ADD maupun DD tahap II diberikan kepada 15 desa yang ada di Kota Ambon setelah pencairan dan penyerapan tahap I dari masing-masing desa dan negeri telah mencapai 98 persen.

“Dari 30 desa dan negeri yang menerima ADD maupun DD hanya 15 desa yang telah menyelesaikan ADD dan DD tahap I sehingga, Pemkot memberikan ADD maupun DD tahap II,’’ Katanya. Dia menjelaskan, pemberian ADD maupun DD tahap II dilakukan sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 49 tahun 2015 tentang tata cara penyaluran, pemantauan dan evaluasi dana desa.

“Penyaluran tahap II dilakukan setelah bupati maupun wali kota menerima laporan evaluasi anggaran (LRA) tahap I dari masing-masing kepala desa maka, kita akan salurkan tahap II’’.

Penyaluran ADD maupun DD dilakukan dalam dua tahapan yakni tahap I diberikan sebesar 60 persen dari total dana yang diterima masing-masing desa maupun negeri, karena ADD dan DD yang diterima masing-masing desa maupun negeri tidak sama besar.

“Ada desa maupun negeri yang memperoleh dana desa Rp 600 juta hingga Rp 1 milyar lebih sesuai dengan luas wilayah dan jumlah penduduk,”Ujarnya (EM-ADN).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon