Connect with us

Kec. Kota Masohi

10 Tahun Vakum, Lasqi Malteng Kembali Berkiprah

Foto:Istimewa

Laporan:Fatah

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Sejak Tahun 2009, Festival pemilihan bintang vokalis dan religi Qasidah Islam tingkat Kabupaten Maluku Tengah vakum dan tidak pernah menggelar kegiatan seleksi dimaksud.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Lembaga Seni dan Qasidah (LASQI) Kabupaten Maluku Tengah, Ny. Amin Ru’Aty Tuasikal saat digelarnya festival pemilihan bintang vokalis dan religi tingkat Kabupaten Maluku Tengah, yang berlangsung di halaman Masjid Raya Masohi, Senin Malam, 09/12/2019.

” Sejak 2009 kita tidak pernah mengadakan seleksi lagi. Alhamdulillah pada malam hari ini terlaksana. Mudah-mudahan kita akan mendapatkan para bintang-bintang vokalis yang selama ini terpendam “, Pungkas Ru’Aty Tuasikal dalam sambutannya.

Dikatakan, kegiatan festival maupun seni bernafaskan islam lainnya sangat strategis iguna menyibukan generasi millenial islam untuk fokus terhadap syiar Islam.Dengannya perlu ada dukungan dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten/Kota untuk memajukan Lasqi di Maluku Tengah.

Dewan Pembina Lasqi Kabupaten Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengungkapkan, seeni budaya bernafaskan Islam dipandang tepat sebagai sarana membentuk akhlak mulia. Lasqi memiliki makna dakwah melalui sentuhan seni syair yang dilantunkan.

” Selaku Bupati dan merangkap Dewan Pembina, Tentunya kegiatan ini sangat disuport. Olehnya itu perkambangan Lasqi di Maluku Tengah merupakan tanggung jawab Kita semua. Sehingga Lasqi kembali hidup dan berkiprah di bumi Pamahanunusa ini “, Harap Tuasikal.

Pembukaan Festival Pemilihan Bintang Vokalis dan Religi yang diprakarsai DPD Lasqi Maluku Tengah tersebut diikuti 16 Kecamatan dari total 18 Kecamatan yang wilayah Kabupaten Maluku.

Advertisement

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi