Connect with us

Kec. Kota Masohi

Tuasikal Buka Pemutakhiran Data TLHP APIP Tahun 2019

Foto:Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua membuka Rapat Pemutakhiran Data TLHP APIP yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegaiatan itu berlangsung dilantai III kantor Bapplitbangda. Kamis, 28/11/2019.

Tuasikal dalam kesempatan itu menegaskan OPD dan Pemerintah Negeri untuk serius menindaklanjuti rekomendasi temuan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Pemkab Malteng selama ini.

“ Saya tekankan bagi OPD maupun Pemerintah Negeri untuk seriusi tindak lanjut hasil pemutakhiran yang menyebabkan kerugian negara dari selang waktu tahun 2010 hingga 2019. Ini agar menjadi catatan “, Tandas Tuasikal.

Dikatakan, dari 100 persen temuan APIP selama lebih dari delapan tahun, 35 persen sudah ditindaklanjuti sementara 65 persen belum. Selain itu, terdapat 17 persen temuan BPK RI yang belum selesai ditindaklanjuti sejak 2006 silam.

“ Saya harapkan hal ini menjadi masukan penting bagi sejumlah Pimpinan OPD dan pihak Pemerintah Negeri yang masih belum laksanakan rekomendasi APIP dan BPK untuk secepatnya diselesaikan. Bagi pemangku kepentingan yang lalai dan tidak serius baka diberi sanksi ” Tandasnya.

Bupati dua periode itu berharap, Sekretaris Daerah dan Inspektoratr dapat Iebih mengefektifkan pelaksanaan tugas Tim Penyelesaian Kerugian Daerah untuk memproses tuntutan ganti rugi dan menindaklanjuti tuntutan perbendaharaan yang belum selesai ditindaklanjuti.

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi