Kec. Kota Masohi

Sekda Malteng Launching Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

Foto: Google

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten dan Launching Bursa Inovasi Desa Tahun 2019, di buka oleh Bupati Maluku tengah (Malteng) Hi. Tuasikal Abua, SH yang di wakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng DR. Rakib Sahubawa, di lantai 3 Bapplitbangda. Selasa 23/07/2019.

Dalam sambutan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua yang dibacakan oleh Sekda Maluku Tengah, Rakib Sahubawa mengatakan, Launching Bursa Inovasi sebagai momentum untuk mensinergikan program-program PPMD dari kementerian maupun dari OPD dilingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah.

” Rapat Program Inovasi di lingkungan instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah termasuk di Desa/Negeri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengimplementasikan Program Nasional Nawacita. Dengan maksud untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan sekaligus untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan daya saing dan produktivitas serta pertumbuhan ekonomi daerah, bangsa secara berkelanjutan,” Jelasnya.

Lanjut Sahubawa, untuk mengimplementasikan agenda Nawacita yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) berupaya menurunkan angka kemiskinan melalui pemberian Dana Desa sebagaimana yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

” Pada tatanan teknis operasional, pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID) sebagai salah satu upaya Kementrian Desa PDTT untuk meningkatkan Kapasitas Desa yang telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2017 hingga 2019. ” Ungkapnya.

Diharapkan, rangkaian kegiatan tersebut mampu merumuskan berbagai langkah strategis yang berdampak pada meningkatnya kualitas perencanaan dan pengelolaan dana desa. Sehingga dapat meminimalisir berbagai penyimpangan terkait pengelolaan dana desa dan mempercepat mengentaskan kemiskinan.

Most Popular

To Top