Connect with us

Kec. Seram Barat

Sandang Medium Security, Lapas Piru Jadi Lapas Percontohan

Foto:EM

Laporan: Fatah

PIRU,EKSPRESIMALUKU.com – Lembaga Pe­ma­syarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru meraih peningkatan status yang kini disandang, Medium Security dari Kemenhumham. Tidak tanggung tanggung, Lapas Piru kian melebarkan sayapnya menjadi Lapas percontohan dan panutan di Provinsi Maluku.

Hal ini diungkapkan Kepala Lapas Kelas IIB Piru, Saiful Sahri, A.Md. IP, S.Sos, MH, Ketika disambangi Ekspresi Maluku dan Komunitas Penulis Kompasianer Amboina, (Koma) Ambon saat roadshow di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Sabtu, 30/11/2019.

” Naiknya status Lapas Piru menjadi Medium Security dari Kemenhumham merupakan salah satu langkah peme­­rintah dalam meningkatkan mutu pelayanan di kantor taha­nan masyarakat. Salah satunya seperti di Lapas Kelas IIB Piru ini. ” Ujarnya.

Untuk itu, Kata Saiful, Lapas Kelas IIB Piru terus berinovasi menciptakan warga binaan yang berkepribadian baik serta memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni. Sehingga setelah kembali ke masyarakat dapat melakukan hal positif bagi orang lain.

“ Butuh proses untuk Saya dan staf maupun petugas untuk berusaha merubah kepribadian para warga binaan. Dengannya kami pacu terus program kerohanian maupun praktek lapangan. Tidak ada jarak diantara Staf maupun para napi disini.namun semua tetap pada SOPnya. ” Tutur Saiful.

Dirinya berharap, apa yang telah didapat oleh para Napi di dalam lapas dapat dipraktekan setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat. Sebab yang seluruh lapas inginkan ialah, setelah keluar dari Lapas, warga binaannya menjadi manusia yang berkepribadian luhur.

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Seram Barat