Connect with us

Kec. Kota Masohi

Ruhunussa: Jangan Perkeruh Suasana, SK Pemilihan KPN Tulehu Tarik Kembali

Ketua DPRD Malteng, Ibrahim Ruhunussa, SH | Foto:EM

Laporan:Fatah

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Ketua DPRD Maluku Tengah, Ibrahim Ruhunussa mendesak pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dalam hal ini bidang pemerintahan, untuk segera menarik kembali Surat Keputusan (SK) Panitia pemilihan KPN Negeri Tulehu yang dianggap tidak berimbang dan sepihak.

Hal tersebut dikatakan Ruhunussa saat menggelar jumpa pers dengan awak media di depan Kantor DPRD, Jln R.A Kartini, Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. Kamis, 25/07/2019.

Dirinya meminta kepada Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, terkhusus Bidang Pemerintahan agar menarik kembali Surat Keputusan yang telah diterima Saniri Negeri atau Pemerintahan Negeri Tulehu.

“ Langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam menangangi pemilihan raja atau kepala pemerintahan negeri di wilayah Maluku Tengah terlalu berlebihan dan memperkeruh suasana. Biarlah merekan yang menentukan, pemerintah jangan terlalu interfensi lebih jauh ke dalam. “ Pungkas Ruhunussa.

Lanjutnya, negeri Tulehu merupakan negeri adat yang kepala pemerintahannya dipilih dalam musyawarah saniri negeri atau melaui mata rumah parintah dan tanpmelalui jalur pemilihan seperti pada negeri administratif.

“ Pemerintah Kabupaten hanya memfasilitasi maupun melakukan pendekan mediasi terkait masalah internal mata rumah parintah atau 4 nazab yang ada di negeri Tulehu. Jangan sampai ada unsur Politiknya. “ Ujarnya.

Selaku Ketua DPRD, Ruhunussa menambahkan, budaya tersebut perlu dihindari pemerintah. Sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat dan tidak mendiskriminasikan nilai serta tatanan adat yang ada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi