Malteng

Pertama Kalinya, Warga Suku Mausu Ane Ikut Upacara HUT Ke 74 Kemerdekaan RI

Laporan:Ekspresi Maluku

SERUTKOBI,EKSPRESIMALUKU.com – Selama 74 tahun Negara Indonesia Merdeka, untuk pertama kalinya, Suku Mausu Ane di wilayah pegunungan murkele, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 74. Sabtu, 17/08/2019.

Upacara memperingati HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonseia yang pertama kali dilaksanakan warga suku mausu ane di pedalaman pulau seram itu berlangsung dengan penuh suka cita dan dipusatkan di tengah hutan, tepatnya di lokasi permukiman baru warga suku mausu ane.

Tiga anak pembawa bendera pada upacara HUT Kemerdekaan RI merupakan warga suku terasing yang sebelumnya telah dilatih untuk mengikuti upacara.

Danramil Wahai, Kapten La Ode Ma’ruf yang bertindak sebagai inspektur upacara, saat dikonfirmasi mengatakan, digelarnya upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di wilayah itu sebab selama ini, warga suku terasing belum pernah melihat serta mengikuti upacara hut proklamasi kemerdekaan republik indonesia.

“ HUT RI 17 Agustus 2019 kami lakukan di pemukiman suku terasing Mausu Ane agar mereka melihat langsung dan merasakan peringatan Kemerdekaan bangsa. Selain masyarakat, Polri, Satgas BKO Yonif RK 136, sejumlah guru dan Pedes setempat juga terlibat dalam upacara. “ Tutur Ma’ruf.

Usai upacara, dilakukan tarian adat setempat serta sejumlah lomba yang di ikuti oleh warga suku mausu ane. Ini dilakukan sebagai bentuk memeriahan HUT RI Ke 74. Meski dalam kesederhanaan, warga mausu ane larut dalam kebersamaan.

Most Popular

To Top