Connect with us

Kec. Kota Masohi

Menuju Kota sehat Adipura, Pemda Malteng Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenisnya

Foto:Humas Malteng

Laporan:Ekspresi Maluku

MASOHI,EKSPRESIMALUKU.com – Pemda Maluku Tengah menggelar Kegiatan Pembinaan Implementasi Kebijakan dan Strategis Daerah dalam pengolahan sampah rumah tangga menuju kota sehat adipura tahun 2019. Kegoiatan tersebut berlangsung di aula Bapplitbangda, Kota Masohi. Kamis, 14/11/2019.

Bupati Maluku tengah. Hi. Tuasikal Abua,SH dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malteng. Rakib Sahubawa, mengucapkan selamat datang kepada Tim Pengendalian Pembangunan Ekoregion KLHK Sulawesi-Maluku di Kota Masohi, di Bumi Pamahanunusa.

” Terlaksananya kegiatan ini, semakin memotivasi kita untuk terus membangun daerah ini, khususnya yang berkaitan dengan penataan atau pengelolaan sampah rumah tangga “ Ungkapnya.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (JAKTRANAS) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, telah memberikan arah bagi pengelolaan sampah terintegrasi mulai dari sumber sampai pemprosesan akhir.

Target pengelolaan sampah yang ingin di capai Jakstranas adalah 100% sampah  terkelola dengan baik dan benar pada tahun 2025 (Indonesia Bersih Sampah) yang di ukur melalui pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025,” ungkapnya.

” Untuk mencapai target ini, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota harus menyusun dokumen JAKSTRADA (Kebijakan Stategi Daerah) yang akan di jadikan sebagai road map pengelolaan sampah rumah tangga di Daerah “, Harap Bupati.

Sebagaimana di ketahui bahwa, Kabupaten Maluku tengah sedang giat-giatnya berbenah dan terus berinovasi pada berbagai aspek pembangunan, tata kelola Pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Selain itu, membenahi sarana dan prasarana persampahan demi memaksimalkan target pencapaian pengelolaan sampah yang baik di daerah ini.

Gempa terkini di Indonesia

More in Kec. Kota Masohi