Connect with us

Ambon

Butuh Terpal Baru, Pengungsi Minta Langsung Ke Presiden Jokowi

Foto: SEKNEG

Laporan: Ekspresi Maluku

SALAHUTU,EKSPRESIMALUKU.com – Seorang pengungsi di Ambon, Maluku secara khusus meminta terpal baru kepada Presiden Joko Widodo karena terpal yang ada untuk menutup tenda sudah mulai sobek setelah digunakan selama lebih dari sebulan sejak gempa bumi magnitudo 6,5 melanda wilayah, 26 September 2019.

“ Kendala yang kami dapat di lapangan sudah satu bulan tiga hari, tenda sudah sobek, kami membutuhkan yang baru juga air bersih dan dapur umum agar ditambah lagi pak “, Kata seorang pengungsi saat berdialog dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Posko Pengungsian kampus Tulehu. Selasa, 29/10/2019.

Presiden pun seketika merespon dan menjawab bahwa persediaan terpal dan tenda baru masih banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“ Selain terpal baru, Kita juga akan bangun fasilitas yang rusak sesegera mungkin,” Pungkas Jokowi kepada warga.

Presiden juga mengatakan ganti rugi kepada masyarakat yang tempat tinggalnya rusak karena gempa akan diberikan segera dengan jumlah yang telah ditetapkan atau sama dengan daerah lain yang pernah tertimpa bencana.

Sekitar lebih dari satu jam, Presiden Jokowi dan rombongan berada di lokasi pengungsian yang terletak di Kompleks Universitas Darussalam. Sambutan masyarakat sangat antusias mereka berusaha mendekat ke Presiden bahkan anak-anak yang berada di tenda trauma healing tak berhenti bernyanyi menyambut Presiden.

Di sepanjang jalan menuju posko pengungsian masyarakat berkumpul di sisi jalan untuk menyambut kedatangan Presiden, mereka berteriak, melambaikan tangan, dan sebagian mengabadikan konvoi mobil Presiden dengan kamera ponsel.

Jelang sore, Presiden dan Ibu Negara kemudian menuju Bandara Pattimura Kota Ambon untuk selanjutnya lepas landas menuju Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah melanjutkan kunjungan kerjanya.

Gempa terkini di Indonesia

More in Ambon