Connect with us

Ragam

Peringati Sumpah pemuda, Binaan Lapas Piru Pamerkan Kerajinan

EKSPRESIMALUKU.com- Berada ditempat yang tak mereka inginkan bukan halangan dalam melaksanakan aktifitas positif, apalagi bila dibina dengan tepat. Berada dibalik tembok menjulang tak membuat waktu mereka terhenti. Adalah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Piru Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku yang berhasil menggelar kreativitas para penghuni Lapas yang dibina dan dilatih dengan berbagai macam ketrampilan dalam membuat kerajinan maupun bercocok tanam di Aula Lapas saat peringatan hari Sumpah Pemuda pada Senin (28/10/2019) .
Kesan sangar dibalik tembok Lapas dan keputusasaan warga binaan tampak tidak terlihat saat Ekspresi Maluku menyambangi Lapas dan melihat keberadaan para warga binaan Lapas yang sedang menyibukan dirinya dengan membuat anyaman maupun kerajinan lainnya.
Stigma negatif penghuni lembaga pemasyarakatan yang kerap melekat pada mereka dan dianggap tak memiliki masa depan, sehingga saat keluar dari Lapas, akan kesulitan mendapatkan pekerjaan tentu tak akan terjadi bila dapat dibina dengan baik .
“Sesungguhnya mereka tetap dapat berkreativitas walaupun menjadi binaan lembaga pemasyarakatan dengan mengolah berbagai sumber daya alam disekitar,”Tutur Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Saiful Sahri
Pada kegiatan pameran, pihak Lapas menampilkan hasil karya warga binaan,seperti meja hiasan yang terbuat dari semen, vas bunga, maupun hasil panen sayur dari kebun Lapas, dan berbagai kreatifitas lainnya.
Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) M. Yasin Payapo salut akan kegiatan yang dilaksanakan Lapas Piru . “Kegiatan ini sangat positif yang dilakukansebab mereka bukan hanya menjalani hukuman, tetapi dibina dan dilatih untuk bisa mengkhasilkan kretivitas yang bernilai ekonomis tentunya saat mereka kembali ke masyarakat,”Ujar Bupati .
Selain Bupati SBB Hadir dalam kegiatan pameran tersebut juga Ketua DPRD Kabupaten SBB, Kejari SBB, Kapolres SBB, Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu SBB, maupun Perwira Penghubung Kodim Persiapan SBB.

Gempa terkini di Indonesia

More in Ragam